Senin, 09 Mei 2016

Bagian-bagian Lidah



ALAT INDRA
Manusia sebagai salah satu anggota kelas  mamalia mempunyai lima panca indra, yaitu indra penglihat, pendengar, peraba, pembau, dan pengecap. Dengan memiliki indra tersebut, manusia mampu mengenali lingkungannya dan memberikan respon terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.
Indra merupakan “Jendela” bagi tubuh untuk mengenal dunia luar. Selain itu dengan reseptor-reseptor yang ada pada masing-masing alat indra, manusia mampu mengadakan respons yang dapat dipergunakan supaya proteksi terhadap gangguan-gangguan dari luar tubuh.

A.    LIDAH








Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah merupakan massa jaringan pengikat dan otot lurik yang diliputi oleh membran mukosa
Membran mukosa melekat erat pada otot karena jaringan penyambung lamina propia menembus ke dalam ruang-ruang antar berkas-berkas otot.
Pada bagian bawah lidah membran mukosanya halus. Lidah juga merupakan suatu rawan (cartilago) yang akarnya tertanam pada bagian posterior rongga mulut (cavum oris) dekat dengan katup epiglotis yang menuju ke laryng.
Lidah merupakan bagian tubuh penting untuk indra pengecap yang terdapat kemoreseptor (bagian yang berfungsi untuk menangkap rangsangan kimia yang larut pada air) untuk merasakan respon rasa asin, asam, pahit dan rasa manis. Tiap rasa pada zat yang masuk ke dalam rongga mulut akan direspon oleh lidah di tempat yang berbeda-beda.
Papila ada 3 macam, yaitu :
1.      Papilla Filiformis         :  berbentuk benang-benang
halus, terletak 2/3 dari permukaan lidah
2.       Papilla Fungiformis    :  berbentuk seperti jamur,
terletak pada sisi lidah dan ujung lidah.
3.       Papilla Circum valata : berbentuk bundar,
terletak menyusun seperti huruf V terbalik di belakang lidah


B.     CARA KERJA INDRA TUNAS PENGECAP LIDAH MANUSIA
Rambut-rambut sensor menyembul dari sel-sel ke pori-pori sentral tunas pengecap. Pada bagian ini rambut-rambut sensori terendam dalam zat kimia yang terlarut dalam air ludah manusia. Zat-zat yang terlarut dalam ludah itu akan di deteksi oleh sensor ini sehinggga dapat dibedakan baik itu manis, asam, asin dan pahit.




(Catatan : Jika terjadi kesamaan baik penulisan maupun gambar, ini adalah postingan hasil copy paste. Berhubung penulis lupa sumber yang diambil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar